Oleh: J. Krishnamurti
Untuk menemukan apa artinya mencinta, bukankah orang harus bebas dari kemilikan, kelekatan, kecemburuan, kemarahan, kebencian, kecemasan, ketakutan? Bebas dari kelekatan--marilah kita ambil itu untuk sementara. Ketika Anda melekat, apakah yang Anda lekati? Misalkan, kita melekat pada meja ini, apakah yang tersirat dalam kelekatan itu? Kesenangan, rasa memiliki, menghargai kegunaannya, merasa bahwa itu meja yang bagus, dan sebagainya.
Bila seorang manusia melekat kepada orang lain, apakah yang terjadi? Bila orang melekat kepada Anda, apakah perasaan orang lain yang melekat kepada Anda itu? Di dalam kelekatan itu terdapat kebanggaan memiliki, rasa mendominasi, takut kehilangan orang itu, dengan demikian terdapat kecemburuan, dan dengan demikian kelekatan lebih besar, kemilikan lebih besar, kecemasan.
Nah, bila tidak ada kelekatan, apakah itu berarti tidak ada cinta, tidak ada tanggung jawab? Bagi kebanyakan dari kita, cinta berarti konflik yang buruk di antara manusia, dan dengan demikian hubungan menjadi kecemasan abadi. Anda tahu semua ini, saya tidak perlu memberitahu Anda. Itulah yang kita namakan cinta.
Dan untuk lari dari ketegangan yang buruk dari apa yang kita namakan cinta, kita mempunyai segala macam hiburan--dari televisi sampai agama. Kita bertengkar, lalu pergi ke gereja, atau ke kuil, dan setelah pulang kita mulai lagi. Ini berlangsung sepanjang waktu.
Bisakah orang bebas dari semua ini, ataukah itu mustahil? Jika mustahil, maka kehidupan kita adalah kecemasan abadi, dan dari situ muncullah segala macam sikap, kepercayaan, dan tindakan yang neurotik. Mungkinkah untuk bebas dari kelekatan? Itu menyangkut banyak hal. Mungkinkah bagi manusia untuk bebas dari kelekatan namun tetap merasa bertanggung-jawab?
Nah, bebas dari kelekatan (attachment) tidak berarti kebalikannya, kelepasan (detachment). Sangat penting untuk memahami ini. Bila kita melekat, kita tahu kepedihan dari kelekatan, kecemasannya, dan kita berkata, "Ya Tuhan, saya harus melepaskan diri dari semua kengerian ini." Jadi mulailah pergulatan untuk lepas, mulailah konflik.
Jika Anda sadar akan kata dan faktanya--kata 'kelekatan' dan kebebasan dari kata itu, yang adalah perasaannya--maka Anda mengamati perasaan itu tanpa penilaian apa pun. Maka Anda akan melihat bahwa dari pengamatan total itu terdapat suatu gerakan yang lain sekali, yang bukan kelekatan, bukan pula kelepasan. Apakah Anda melakukannya sementara kita berbicara, ataukah Anda sekadar menyimak sejumlah besar kata-kata?
Anda tahu, Anda melekat erat-erat kepada sebuah rumah, kepada suatu kepercayaan, kepada suatu prasangka, kepada suatu kesimpulan, kepada seseorang, kepada suatu idaman. Kelekatan memberikan rasa aman yang besar, yang adalah ilusi, bukan? Melekat kepada sesuatu adalah ilusi, oleh karena sesuatu itu mungkin pergi. Jadi, yang Anda lekati adalah citra yang Anda buat tentang hal itu. Dapatkah Anda bebas dari kelekatan sehingga ada tanggung jawab yang bukan kewajiban?
Lalu, apakah cinta bila tidak ada kelekatan? Jika Anda melekat kepada suatu kebangsaan, Anda memuja isolasi dari kebangsaan, yang adalah sejenis kesukuan yang diagungkan. Apa akibatnya? Itu memisahkan, bukan? Jika saya amat melekat kepada kebangsaan saya sebagai seorang Hindu, dan Anda melekat kepada Jerman, Prancis, Italia, Inggris, maka kita terpisah--dan ada perang, dengan segala kerumitannya. Nah, jika tidak ada kelekatan, apakah yang terjadi? Apakah itu cinta?
Jadi kelekatan bersifat memisahkan. Saya melekat kepada kepercayaanku, dan Anda melekat kepada kepercayaan Anda, dengan demikian terdapat pemisahan. Lihatlah saja konsekuensinya, implikasinya. Bila ada kelekatan, ada pemisahan, dan dengan demikian ada konflik. Di mana ada konflik, tidak mungkin ada cinta.
Dan apakah hubungan antara satu orang dan orang lain bila ada kebebasan dari kelekatan beserta segala implikasinya? Apakah itu awal--saya sekadar menggunakan kata itu, 'awal’, jangan mengritiknya--apakah itu awal dari welas asih? Bila tidak ada kebangsaan dan tidak ada kelekatan kepada kepercayaan apa pun, kepada kesimpulan apa pun, kepada idaman apa pun, maka seorang manusia adalah manusia yang bebas, dan hubungannya dengan orang lain datang dari kebebasan itu, datang dari cinta, datang dari welas asih.
Anda lihat, semua ini adalah bagian dari kesadaran (awareness). Nah, perlukah Anda menganalisis seperti yang kita lakukan untuk melihat makna dari kelekatan, beserta segala implikasinya, atau dapatkah Anda mengamati totalitasnya dengan seketika, baru menganalisis kemudian? Bukan sebaliknya.
Kita terbiasa dengan analisis, bagian dari pendidikan kita adalah menganalisis, dan dengan demikian kita menghabiskan banyak waktu untuk itu. Kita menyarankan sesuatu yang lain sekali: mengamati, melihat totalitas, baru menganalisis. Lalu itu menjadi sangat sederhana.
Tetapi jika Anda menganalisis dan mencoba untuk mencapai totalitas, Anda mungkin keliru; biasanya Anda keliru. Tetapi mengamati totalitas dari sesuatu, yang berarti tanpa arah, maka analisis menjadi penting atau tidak penting, Anda boleh menganalisis atau tidak.
Nah, sekarang saya ingin memasuki suatu hal lain dari sini. Adakah sesuatu yang suci di dalam hidup, yang adalah bagian dari semua ini? Adakah sesuatu yang suci dalam hidup Anda? Buanglah kata itu, pisahkan kata, citra, simbol--yang sangat berbahaya--dan bila Anda lakukan itu, bertanyalah kepada diri sendiri, "Adakah sesuatu yang sungguh-sungguh suci dalam hidupku, ataukah segala sesuatu dangkal, segala sesuatu dibentuk oleh pikiran?"
Pikiran tidak suci, bukan? Apakah Anda berpendapat bahwa pikiran dan semua yang dibentuk oleh pikiran itu suci? Kita telah terkondisikan untuk itu; sebagai seorang Hindu, seorang Buddhis, seorang Kristen, kita terkondisi untuk memuja, menjunjung tinggi, berdoa kepada hal-hal yang dibentuk oleh pikiran. Dan itu kita namakan suci.
Kita harus menemukan, oleh karena jika Anda tidak menemukan apakah ada sesuatu yang sungguh-sungguh suci yang tidak dibentuk oleh pikiran, maka hidup menjadi semakin dangkal, semakin mekanis, dan akhir dari hidup kita sama sekali tak bermakna.
Anda tahu, kita begitu melekat kepada berpikir dan seluruh proses berpikir, dan kita memuja hal-hal yang dibentuk oleh pikiran. Suatu citra, suatu simbol, suatu pahatan, entah dibuat dengan tangan entah dengan pikiran, adalah proses pikiran.
Dan pikiran adalah ingatan, pengalaman, pengetahuan, yang adalah masa lampau. Dan masa lampau menjadi tradisi, dan tradisi menjadi hal yang paling suci. Jadi apakah kita memuja tradisi? Adakah sesuatu yang tak ada kaitannya dengan pikiran dan tradisi, dengan ritual, dengan seluruh sirkus yang tengah berlangsung ini?
Kita harus temukan. Bagaimana Anda menemukan? Bukan sebuah metode; bila saya menggunakan kata 'bagaimana’, saya tidak menyiratkan suatu metode. Adakah sesuatu yang suci dalam hidup?
Ada sekelompok besar orang yang berkata, "Sama sekali tidak ada apa-apa. Anda adalah hasil dari lingkungan, dan Anda dapat mengubah lingkungan, jadi jangan bicara tentang sesuatu yang suci. Anda akan menjadi seorang individu yang mekanis dan berbahagia."
Tetapi, jika kita sangat, sangat serius tentang hal ini--dan kita harus sungguh-sungguh secara mendalam serius--Anda tidak masuk dalam suatu kelompok materialis atau kelompok religius, yang juga berdasarkan pikiran. Maka Anda harus menemukan. Anda tidak membuat pernyataan apa-apa. Maka Anda mulai menyelidik.1350000
Nah, apa artinya menyelidik ke dalam diri sendiri untuk menemukan apakah ada sesuatu yang suci secara mendalam dalam kehidupan kita--dalam kehidupan, bukan kehidupan kita--dalam hidup? Adakah sesuatu yang secara menakjubkan, tertinggi, suci? Ataukah tidak ada apa-apa sama sekali?
Perlu untuk memiliki batin yang amat hening, oleh karena hanya di dalam kebebasan itu Anda bisa menemukan. Harus ada kebebasan memandang, tetapi jika Anda berkata, "Yah, saya suka akan kepercayaanku, saya akan berpegang pada itu," Anda tidak bebas.
Atau jika Anda berkata, "Segala sesuatu adalah materialistik," yang adalah gerakan pikiran, maka Anda juga tidak bebas. Jadi untuk mengamati harus ada kebebasan dari paksaan oleh peradaban, keinginan pribadi, harapan pribadi, prasangka, dambaan, ketakutan.
Anda hanya bisa mengamati bila batin hening sempurna. Bisakah batin berada sepenuhnya tanpa tindakan? Oleh karena jika ada gerakan, ada distorsi. Kita menemukan bahwa itu sulit sekali, oleh karena pikiran segera masuk; jadi kita berkata, "Saya harus mengendalikan pikiran."
Tetapi si pengendali adalah yang dikendalikan. Bila Anda melihat itu, bahwa si pemikir adalah pikiran, si pengendali adalah yang dikendalikan, si pengamat adalah yang diamati, maka tidak ada gerakan.
Kita menyadari bahwa marah adalah bagian dari si pengamat yang berkata, "Saya marah," sehingga marah dan si pengamat adalah sama. Itu jelas dan sederhana. Secara itu pula, si pemikir yang ingin mengendalikan pikiran masih pikiran juga. Bila kita menyadari itu, maka gerakan pikiran berhenti.
Bila tidak ada gerakan apa pun di dalam batin, maka secara alamiah batin hening, tanpa upaya, tanpa paksaan, tanpa kehendak. Ia hening secara alamiah; itu bukan keheningan yang dipupuk oleh karena yang itu cuma mekanis, yang bukan keheningan melainkan hanyalah ilusi keheningan.
Jadi ada kebebasan. Kebebasan menyiratkan semua yang telah kita bicarakan, dan dalam kebebasan itu terdapat keheningan, yang berarti tiada gerakan. Maka Anda dapat mengamati--maka ada pengamatan; maka hanya ada pengamatan, tiada si pengamat yang mengamati. Jadi hanya ada pengamatan yang datang dari keheningan total, keheningan batin sepenuhnya. Lalu, apakah yang terjadi?
Jika Anda telah melangkah sejauh itu--yang adalah kebebasan dari keterkondisian kita, dan dengan demikian tiada gerakan, dan hanya keheningan, diam sempurna--maka kecerdasan pun bekerja, bukan?
Melihat hakekat kelekatan, beserta seluruh implikasinya, tercerahkan terhadap semua itu, adalah kecerdasan. Hanya bila Anda sudah sampai ke titik itu, yang berarti bebas, disertai bekerjanya kecerdasan, Anda memiliki batin yang hening, sehat dan waras. Dan di dalam keheningan itu Anda akan menemukan apakah ada sesuatu yang sungguh-sungguh suci, atau tidak ada apa-apa sama sekali.
["Observing from a Quiet Mind" from the public dialogue at Saanen on 1 August 1976 © 1976/1998 Krishnamurti Foundation Trust, Ltd.]
["Mengamati dari Batin yang Hening" adalah bab ke-13 dari buku Krishnamurti, This Light in Oneself: True Meditation, Copyright © 1999 Krishnamurti Foundation Trust, Ltd. ]